Beranda | Artikel
Keutamaan Ar-Ribath
Rabu, 7 September 2022

Bersama Pemateri :
Ustadz Mubarak Bamualim

Keutamaan Ar-Ribath adalah bagian dari ceramah agama dan kajian Islam ilmiah dengan pembahasan kitab Riyadhus Shalihin Min Kalam Sayyid Al-Mursalin. Pembahasan ini disampaikan oleh Ustadz Mubarak Bamualim, Lc., M.H.I. pada Selasa, 9 Safar 1444 H / 6 September 2022 M.

Keutamaan Ar-Ribath

Dari Abu Sa’id Al-Khudri Radhiyallahu ‘Anhu, dia berkata: “Pernah ada seseorang datang menemui Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam. Lalu orang itu bertanya: ‘Siapakah di antara manusia ini yang paling afdhal?’ Maka dijawab oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam:

مُؤْمِنٌ يُجَاهِدُ بِنَفْسِهِ ومالِهِ في سبِيلِ اللَّهِ

“Orang yang paling utama adalah seorang mukmin yang dia berjihad di jalan Allah dengan jiwa raga dan hartanya.”

Lalu orang itu bertanya: ‘Kemudian siapa sesudah itu?’ Maka dijawab oleh Nabi Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam:

مُؤْمِنٌ في شِعْبٍ مِنَ الشِّعابِ يعْبُدُ اللَّه ، ويَدَعُ النَّاسَ مِنْ شَرِّهِ

“Seorang mukmin yang pergi ke gunung menjauhi manusia, dia beribadah kepada Allah Subhanahu wa Ta’ala dan meninggalkan manusia dari hal-hal buruk yang mungkin dia melakukannya.” (Muttafaqun ‘alaihi)

Hadits berikutnya:

وعنْ سهل بنِ سعْدٍ ، رضي اللَّه عَنْهُ ، أَنَّ رَسُولَ اللَّه صَلّى اللهُ عَلَيْهِ وسَلَّم ، قَالَ : « رِباطٌ يَوْمٍ في سَبيلِ اللَّهِ خَيْرٌ مِنَ الدُّنْيا وما عَلَيْها ، ومَوْضِعُ سَوْطِ أَحَدِكُمْ مِنَ الجنَّةِ خَيْرٌ من الدُّنْيا وما عَلَيْها ، والرَّوْحةُ يرُوحُها العبْدُ في سَبيلِ اللَّهِ تَعالى ، أوِ الغَدْوَةُ ، خَيْرٌ مِنَ الدُّنْياَ وَما عَليْهَا » . متفقٌ عليه .

Dari Sahl bin Sa’ad Radhiyallahu ‘Anhu, bahwasanya Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi wa Sallam bersabda: “Seorang berjaga di daerah-daerah perbatasan kaum muslimin selama satu hari karena Allah adalah lebih baik baginya daripada dunia dan semua yang ada diatas dunia ini. Dan satu tempat untuk meletakkan cambuk dari salah seorang di antara kalian di surga itu lebih baik daripada dunia dan apa yang ada di dalamnya. Dan seorang yang keluar dari rumahnya dalam rangka untuk berjihad di jalan Allah, baik diwaktu pagi atau sore, adalah lebih baik daripada dunia dan apa yang ada diatasnya.” (HR. Bukhari dan Muslim)

Hadits ini menjelaskan kepada kita tiga poin penting tentang keutamaan berjihad di jalan Allah Subhanahu wa Ta’ala. Tiga hal itu yaitu:

Pertama, tentang ribat. Ribat yaitu seorang mukmin dengan sukarela menjaga di daerah-daerah perbatasan dari negeri-negeri muslim supaya tidak dimasuki dan diserang oleh musuh. Inilah yang dinamakan murabathah (مُرَابَطَة). Seorang yang menjaga satu hari di daerah perbatasan kaum muslimin itu dan dia berada di jalan Allah itu lebih baik daripada dunia dan apa yang ada diatas dunia ini.

Kedua, satu tempat yang kecil di surga itu lebih baik daripada dunia dan seisinya. Bahkan disebutkan tentang sauth (satu alat yang dipakai untuk memukul kendaraan supaya dia bergerak dengan cepat) di surga lebih baik daripada dunia dan seisinya. Ini menunjukkan keutamaan orang yang berjihad di jalan Allah dengan jiwa, raga dan kendaraannya.

Ketiga, orang yang pergi meninggalkan keluarga dan harta bendanya untuk berjihad di jalan Allah, itu lebih baik daripada dunia dan seisinya.

Bagaimana penjelasan lengkapnya? Mari download dan simak mp3 kajian kajian yang penuh manfaat ini.

Download MP3 Kajian


Artikel asli: https://www.radiorodja.com/52102-keutamaan-ar-ribath/